Selain Sebagai Alat Upacara, Kerajinan Aluminium Desa Menyali Kini Telah Sampai Ke Mancanegara

i Made Sukmadiana 02 Agustus 2018 09:01:56 WITA

Penduduk di Desa Menyali, Kecamatan Sawan, Buleleng, merupakan masyarakat yang sederhana. Ini dapat dipandang dari gaya hidup mereka.  Suasana desa yang menyenangkan — berlokasi di pangkal bukit dan tidak terlalu jauh dari pantai– membuat mereka senantiasa dapat mengerjakan hal-hal yang menyenangkan sekaligus sanggup mendatangkan keuntungan.

Banyak diantara masyarakat yang memulai coba hidup secara mandiri, contohnya dgn membangun industri kecil pelaksanaan dupa dan menciptakan beberapa-barang kerajinan. Bahkan saat ini beberapa-barang kerajinan dari aluminium produksi masyarakat Desa Menyali telah sejak mulai dikenal di Bali dan sesekali mampu memasuki pasar ekspor.

Di Menyali terdapat lebih dari seratus keluarga yang menekuni aktivitas menatah lembar logam aluminium. Biarpun tergabung dalam satu Kelompok Usaha bernama Sumber Urip, tetapi masing-masing keluarga mengerjakan hasil karyanya sendiri-sendiri. Dari mencari bahan sampai pemasaran dilakukan oleh perajin dengan cara mandiri, tidak dengan tidak sedikit campur tangan pihak lain.

 

Di desa mungil ini tidak sedikit terdapat para pengerajin bokor dengan aneka ragam wujud dan bahan. “Bokor” yaitu salah satu fasilitas “upakara”(media) yang dimanfaatkan oleh semua umat Hindu di Bali yang rata rata terbuat dari aluminium. Produk bokor alumunium di Menyali mampu menyediakan arena lapang kerja baru bagi masyarakat desa yang mayoritas kehidupan mereka diisi bersama aktivitas pertanian dan perkebunan.

Kategori dan ukuran masing-masing kerajinan bokor aluminium ini tidak sama dari yang paling mungil sampai yang paling besar, faktor ini disesuaikan dengan pihak yang memesan.

Motif dari masing-masing kerajinan bokor alumunium pun tidak sama, karenanya makin menambah keindahan kerajinan aluminium ini. Proses pengerjaan dan pemberian motif dari kerajinan bokor alumunium ini tidak memanfaatkan cetakan tapi dibuat secara tradisional menggunakan tangan. Wujud motif yang dipahat terhadap aluminium ini pada umumnya menggunakan perangkat sederhana seperti palu, paku dan alat-alat yang lain.

Pemasaran kerajinan aluminum tidaklah hanya disekitar desa saja, tapi hingga keluar daerah. Di Bali, daerah yang jadi pengguna dari product kerajinan bokor alumunium ini adalah Denpasar, Ubud dan Sukawati. Tak cuma di Bali dan Indonesia, kini kerajinan ini tidak hanya digunakan sebagai alat upacara adat, bahkan kerajinan ini sudah dikreasikan sebagai alat perlengkapan sehari-hari yang digunakan di rumah ataupun juga di hotel dan restaurant berupa tempat sampah, tempat tissu, bingkai foto dan masih banyak lagi, kerajinan bokor alumunium ini bahkan telah dijual oleh salah satu pengerajin berhasil sampai ke negeri lain seperti, Eropa, Chili, dan Argentina.

Komentar atas Selain Sebagai Alat Upacara, Kerajinan Aluminium Desa Menyali Kini Telah Sampai Ke Mancanegara

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar