Upacara Buda Wage Klawu Di Pura Bale Agung

i Made Sukmadiana 10 Maret 2022 12:17:51 WITA

Menyali, 9 Maret 2022, Desa Menyali melaksakan Upacara Buda Wage Kelawu yang dilaksanaan di Pura Bale Agung Desa Menyali.

 

Makna Buda Cemeng Klawu

Menurut adat istiadat umat Hindu di Bali, pada hari ini Ida Betari Rambut Sedana/Dewi Laksmi sedang melakukan yoga. Dan pada hari suci ini dipercaya bahwa ini tidak dibolehkan membelanjakan uang untuk hal-hal yang sifatnya tidak kembali dalam bentuk barang. Contohnya untuk bayar hutang atau menabung. Karena diyakini uang itu nanti tidak bisa kembali selama-lamanya dan lenyap oleh sifat tamak/serakah manusia. Perayaan upacara Buda Cemeng Klawu ini biasanya dilaksanakan oleh semua umat Hindu di Bali, khususnya mereka yang memiliki usaha perdagangan. Seperti pemilik warung, pedagang di pasar, restoran, jasa keuangan, bengkel. Bahkan juga perusahaan yang menyalurkan uang dengan cepat dalam menjalankan perusahaaan. Umumnya pada tiap tempat yang dipakai untuk menaruh uang, diberi sesajen khusus untuk menghargai Ida Betara Rambut Sedana atau Dewi Laksmi sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih atas pemberian-Nya.

Stana atau Tempat Ida Betara Rambut Sedana

Beliau merupakan sinar suci Ida Sang Hyang Widhi yang memiliki wajah yang sangat cantik dan sangat murah hati kepada orang yang memujanya. Kalau dalam agama Budha dikenal dengan Nama Dewi Kwam Im. Beliau senang dengan umat yang sering melakukan Tapa Bratha, Rajin Sembahyang, Bertirta Yatra, Rajin Melukat Ke Tempat Penyucian dan rajin melakukan berbagai Yadnya yang disertai hati yang tulus. Bhatara Rambut Sedana berstana di Pura Goa Raja, Besakih. Pura Goa Raja memiliki keunikan yakni sebuah goa di pinggir sungai kecil bekas aliran lahar Gunung Agung saat meletus pada 1963. Goa batu berukuran besar di kompleks Pura tersebut secara tradisi diyakini umat Hindu, hilirnya tembus ke Pura Goa Lawah di Kabupaten Klungkung dan hulunya tembus ke Gunung Agung, gunung tertinggi di Pulau Bali. Pura berfungsi sebagai titik sentral tempat pemujaan Hyang Widhi sebagai penganugerah kerahayuan (keselamatan) dan kesejahteraan umat manusia. Salah satu pelinggih, di Pura ini adalah tempat untuk memuja Ida Betara Rambut Sedana yang diyakni umat Hindu dapat memberikan kesejahteraan kepada umat manusia.

Sarana Buda Cemeng Klawu

Tidak ada yang sarana yang khusus pada hari suci Buda Cemeng Klawu, umumnya sarana yang dipakai dimulai dari canang sari, banten pejati, atau bebantenan tumpeng 7. Itupun disesuaikan desa, kala, patra dalam masing-masing pakraman dan kemampuan umat masing – masing.

Komentar atas Upacara Buda Wage Klawu Di Pura Bale Agung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar