Prosedur Merubah data KIS yang salah tidak sesuai dengan KTP atau KK

i Made Sukmadiana 02 April 2019 09:39:42 WITA

Satu permasalahan yang sering dialami oleh peserta BPJS baik itu pemegang kartu KIS, KJS, maupun pemegang kartu BPJS adalah adanya kesalahan data yang tercantum di Kartu KIS dengan data pada KTP ataupun Kartu Keluarga (KK), seperti misalnya Tanggal lahir beda atau bahkan nama berbeda dengan yang tercantum di KTP.

Untuk anda yang kebetulan mengalami hal demikian maka sebaiknya segera lakukan perubahan data kepesertaan, karena jika dibiarkan terus, sewaktu-waktu akan menyulitkan anda ketika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari bpjs, terutama ketika anda sedang dirumah sakit.

 Karena sepertinya masih banyak peserta bpjs pemegang kartu KIS yang kebetulan mengalami permasalahan data pada kartu miliknya beda dengan data ktp atau kk, maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan syarat dan prosedur cara melakukan perubahan data kepesertaan.
 
Diharapkan dengan membaca artikel ini, anda mendapatkan informasi bermanfaat bagaimana cara memperbaharui biodata pada kartu KIS yang tidaks esuaid engan KTP maupun kartu Keluarga (KK).
 

Sekilas mengenai Apa itu Kartu KIS ?

Kartu KIS atau kartu indonesia sehat sebenarnya masih merupakan kartu identitas peserta bpjs kesehatan. awalnya kartu KIS ini digunakan sebagai kartu  identitas peserta BPJS PBI atau peserta bantuan Iuran yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah, selain itu kartu KIS juga merupakan kartu pengganti dari peserta yang sebelumnya sebagai pemegang kartu JAMKESMAS dan JAMKESDA.

Kartu kis salam data alamat tanggal lahir atau nama

 
Namun untuk hari ini ternyata Kartu KIS perlahan-lahan sudah mulai digunakan sebagai kartu peserta JKN, artinya sekarang hampir semua peserta BPJS baik peserta BPJS mandiri, Peserta BPJS PBI maupun untuk peserta BPJS PPU (Perusahaan), sudah mulai menggunakan kartu KIS sebagai pengganti kartu BPJS sebelumnya.

Bahkan saat ini peserta bpjs yang melakukan pendaftaran baru akan langsung mendapatkan Kartu KIS sebagai kartu identitas peserta BPJS yang bersangkutan.

Fungsi kartu KIS sama halnya dengan kartu BPJS. keberadaan kartu tersebut sangat penting sekali untuk peserta BPJS, karena kartu tersebut adalah syarat wajib yang harus dibawa oleh peserta ketika peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari bpjs. Jika kartu tidak dibawa ketika menjalani pelayanan kesehatan, maka peserta akan diperlakukan sebagai pasien umum yang harus membayar seluruh biaya tindakan kesehatan dari uang sendiri.

Di dalam kartu KIS di bagian belakang umumnya tertera biodata peserta yang bersangkutan, yang meliputi:

  • Nomor Kartu
  • Nama Peserta
  • Alamat
  • Tanggal Lahir
  • Nik dan juga 
  • fasilitas kesehatan yang dipilih, 


Kartu kis dikatakan valid dan dapat digunakan jika biodata yang tertera kartu sesuai dan sama dengan data yang tercatat di KTP maupun di kartu Keluarga (KK).

Jika ada satu saja data yang berbeda, maka kemungkinan akan terjadi permasalahan dengan pihak fasilitas kesehatan baik itu puskesmas, klinik maupun rumah sakit, ketika peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu pastikan data yang terdapat di kartu KIS anda sama dengan biodata KTP maupun biodata KK anda.

Prosedur Merubah data KIS yang salah tidak sesuai dengan KTP atau KK

Seperti yang sudah disebutkan di atas terkadang karena kesalahan, ada banyak peserta bpjs pemegang kartu KIS yang mengalami masalah data pada kartu kis miliknya tidak sesuai dengan data pada KTP atau KK.
 
Atau ada juga peserta yang pindah alamat tempat tinggal,sehingga alamat yang tertera pada kartu tidak sesuai lagi dengan alamat tempat tinggalnya sekarang.
 
Lantas apa yang sebaiknya harus dilakukan ketika data di kartu KIS berbeda dengan kartu Keluarga maupun KTP ?
 
Tentu saja jangan dibiarkan, solusinya adalah peserta tersebut harus segera melakukan perubahan data kepesertaan dengan datang langsung ke kantor BPJS Setempat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.
 
Apa Saja syaratnya ?
 
Untuk yang anda yang ingin melakukan perubahaan data kepesertaan, baik karena pindah alamat atau ada data yang salah antara data kartu kis dengan data di ktp maupun kk, syaratnya adalah sebagai berikut:
 
1. Membawa kartu KIS /KJS / BPJS Yang bermasalah
 
2. Membawa Kartu Keluarga (KK)
 
3. Membawa KTP
 
4. Mengisi formulir perubahan data, sudah tersedia di kantor BPJS atau anda bisa download di link bawah.

5.  Surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, Khusus untuk anda yang pindah alamat dan ingin pindah faskes di alamat baru.


Perubahan data kepesertaan tidak bisa dilakukan secara online, anda harus langsung datang ke kantor bpjs terdekat dengan membawa persyaratan di atas.

Pihak bpjs akan mengganti kartu BPJS anda dengan kartu KIS baru dengan biodata yang sama dengan KTP maupun KK anda.

Kesimpulan !

Untuk Peserta BPJS yang kebetulan Data pada kartu KIS ada yang salah, maka sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan melakukan perubahan data kepesertaan.

Perubahan data kepesertaan, baik karena ada data yang salah, pindah alamat atau adanya penambahan anggota keluarga baru, tidak bisa dilakukan secara online, namun harus datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa perysyaratan yang telah ditentukan.

Perlu diingat jika data yang tertera pada kartu dibiarkan, kemungkinan sewaktu-waktu bisa timbul masalah, terutama ketika anda sedang di rumah sakit, karena pihak bpjs akan mencocokan data yang terdapat pada kartu dengan data bpjs yang sudah tercatat di basis data bpjs yang sesuai ktp atau KK.
 
Sumber: www.pasienbpjs.com

Dokumen Lampiran : Formulir Perubahan Data


Komentar atas Prosedur Merubah data KIS yang salah tidak sesuai dengan KTP atau KK

Pemdes Menyali 26 Oktober 2021 08:52:57 WITA
untuk perubahan data kecuali faskes, harus dilakukan di kantor bpjs
Pemdes Menyali 26 Oktober 2021 08:52:18 WITA
tidak, semua gratis asalkan persyaratan lengkap
Pemdes Menyali 22 Mei 2020 09:06:29 WITA
Maaf bapak, untuk masalah pencetakan kartu baru dan mengurus status BPJS bisa langsung datang ke kantor BPJS terdekat.
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 09:10:10 WITA
bisa datang ke kantor BPJS terdekat dengan membawa foto copy kartu keluarga,ktp dan kartu kis yang asli.tidak boleh diwakilkan terkecuali yang bersangkutan sakit serta menunjukan surat keterangan sakit dari rumah sakit.
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 09:06:30 WITA
Untuk perubahan data,bisa datang langsung ke Kantor Cabang BPJS terdekat dengan membawa foto copy kartu keluarga,ktp dan kartu KIS yang asli.
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 09:00:28 WITA
untuk kartu Jamkesmas bisa langsung ditukar dengan KIS. jangan lupa membawa KK untuk melakukan perubahan nama. Terima kasih
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:58:07 WITA
iya memang harus pindah domisili ibu, terkecuali untuk kasus emergensi. terima kasih
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:56:24 WITA
di kantor BPJS mana saja bisa karena sistem sudah online. terima kasih
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:52:00 WITA
bisa di kantor BPJS mana saja karena sistemnya sudah online. jangan lupa membawa KK dan akta kelahiran untuk merubah nama. terima kasih
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:50:53 WITA
langsung saja diperbaiki di kantor bpjs terdekat dengan membawa kk dan KTP.
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:49:26 WITA
untuk segala perubahan bisa dilakukan di kantor BPJS mana saja. jangan lupa membawa KK dan ktp serta tidak dipungut biaya. terima kasih
Pemdes Menyali 27 Februari 2020 08:47:54 WITA
untuk perubahan/perbaikan data bisa langsung dilakukan di kantor BPJS terdekat sekaligus merubah faskesnya. terima kasih
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:43:32 WITA
kalau hanya merubah alamat bisa dengan pakai Mobile JKN atau datang langsung ke kantor BPJS dengan membawa KK dan KTP
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:42:41 WITA
kalau data di KIS tidak sesuai dengan KK akan bermasalah. kami sarankan untuk segera dirubah di kantor BPJS dengan membawa KK baru atau bisa pakai mobile JKN
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:39:30 WITA
Silahkan langsung datang ke kantor BPJS dengan membawa KK yang baru
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:38:11 WITA
perubahan alamat bisa apakai aplikasi mobile JKN atau langsung datang ke kantor BPJS dengan membawa KK yang baru
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:36:35 WITA
untuk perubahan data harus langsung ke kantor BPJS dangan membawa KK beserta akta Kelahiran.
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:35:47 WITA
Langsung saja datang ke kantor BPJS dengan membawa KK dan Akta Kelahiran Bu.
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:33:04 WITA
Untuk perubahan data harus datang ke kantor BPJS dengan membawa KK dan Akta Kelahiran.
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:31:41 WITA
untuk perubahan alamat bisa pakai Mobile JKN atau datang langsung ke Kantor BPJS terdekat.
Pemdes Menyali 20 November 2019 08:30:26 WITA
coba pakai aplikasi Mobile JKN bu, kalau tetap tidak bisa kami sarankan langsung datang ke kantor BPJS terdekat.
afandi 13 November 2019 02:14:12 WITA
maaf boleh tanya. saya dapat kartu bpjs d waktu sebelum nikah saya dapat semua anggota keluarga secara gratis. tapi yang saya dapat berbeda dengan e ktp saya dari NIK,nama tgl lahir. hanya alamat yang sesuai di kartu bpjs nya. dan sekarang saya sudah berkeluarga .bagaimana apa bisa d rubah atau bagaimana?
Devi 06 November 2019 10:28:44 WITA
Pak mau ngrubah nama soal e yg di Kis namanya novitasari nma lengkap saya devi novitasari...
Devi 06 November 2019 10:27:19 WITA
Pak mau ngrubah nama soal e yg di Kis namanya novitasari nma lengkap saya devi novitasari...
Steven zanambani 05 November 2019 19:38:41 WITA
Saya mendatar dan laporan kesalahan KK tanggal lahir nya
Steven zanambani 05 November 2019 19:34:34 WITA
Saya mendatar dan laporan kesalahan KK tanggal lahir nya
Lesta Ratna Dilla 02 November 2019 10:43:52 WITA
Maaf mau tanya nih Kalau mengubah Data Alamat Nama Nik saya dari kampung Sekarang saya tinggal sama org tua angkat jadi gimana cara mengubah Data KIS saya yang dari kampung berpindah yang di Kota.?
Dismas tasik 01 November 2019 08:17:28 WITA
Selamat pagi..gimana carax untuk berubah data yg sesuai dgn alamat kk ktp yang baru..karna saya sebelumx daftar peserta bpjs pake kartu keluarga orng tua sedangkan skrng sy udah pnya kk sendiri..trima kasih.
Asep 30 Oktober 2019 14:06:21 WITA
Maaf mau tanya , isteri sy adalah pemegang kartu KIS dengan data alamat KTP sebelumnya di alamat desa kelahirannya, tp sekarang isteri sy pindah domisili ikut sy dg alamat domisili di desa sy, sebenarnya kami hanya beda desa tp masih dalam satu kecamatan, yang mau sy tanyakan bermasalah atau tidak bila ada perubahan alamat di KTP isteri sy..mohon pencerahan nya
Oki afianto 28 Oktober 2019 14:13:21 WITA
Mohon maaf bapak/ibu saya mau tanya kalau alamat kartu KIS salah tidak sesuai diktp kita harus datang ke kantor BPJS apa lewat online bisa tetima kasih
Pemdes Menyali 30 September 2019 09:10:18 WITA
Kartu tetap sama pak tidak perlu diganti. Terima kasih
Pemdes Menyali 07 Agustus 2019 09:53:18 WITA
tidak perlu diganti pak. tapi kallau ada perubahan faskes atau data yang lain itu harus ada perbaikan data di BPJS dan perbaikan kartu. Terima kasih
Pemdes Menyali 31 Mei 2019 10:17:13 WITA
bisa pak. pastikan juga data di kk sudah benar dan jangan lupa bawa kartu KIS yang asli. suksma
Turkiyana 28 Mei 2019 20:59:49 WITA
Mohon maaf, apakah bisa menggunakan fotokopi KK untuk merubah data? Dikarenakan KK asli sedang dalam proses perubahan(tambah anggota keluarga/anak) Terimakasih
Pemdes Menyali 10 Mei 2019 09:35:35 WITA
untuk segala perubahan pagi pemegang KIS, bisa langsung datang ke kantor BPJS terdekat dengan membawa KK yang baru dan juga mengisi formulir perubahan data di BPJS
Slamet triyono 30 April 2019 08:32:04 WITA
Maaf mau tanya, kalau ada kesalahan nama, terus sudah pindah alamat sehingga alamat di kis dan ktp sudah berbeda sama ada penambahan kis lagi untuk anak saya yg baru lahir syaratnya apa saja ya pak/bu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar