Upacara Melaspas Di Gedung TPS 3R Menyali Resik

i Made Sukmadiana 05 Desember 2022 09:52:45 WITA

Sabtu, 03 Desember 2022. Upacara melaspas di gedung TPS 3R menyali resik bertempat di Desa Menyali. Acara dimuai pada pukul 10.00 wita.

Upacara ini termasuk Upacara Dewa Yajnya dan butha Yadnya. Upacara adat Melaspas ini biasa dilaksanakan untuk setiap bangunan yang baru selesai dibangun dengan didahului dengan pelaksanaan Upacara Mecaru (korban suci untuk para Butha) dengan maksud untuk menyucikan bangunan dengan harapan dapat menjadi lebih kokoh, nyaman bagi penghuninya. Upacara mecaru ini bertujuan untuk menyatukan bahan bahan bangunan sehingga menjadi sebuah bangunan gedung. Upacara mecaru (korban suci) memakai seekor ayam, tujuannya adalah untuk menetralisir dan mengharmoniskan unsur – unsur kekuatan negative agar diubah menjadi kekuatan positif. Setelah pelaksanaan Upacara mecaru dilanjutkan dengan melaksanakan Upacara memakuh dengan menanam Bata Merah, tujuannya adalah untuk memperkokoh bangunan tersebut. 

Dihadiri oleh Pak Perbekel Desa Menyali, Camat sawan, Anggota KSM,Anggota KPP, dan Perangkat Desa Menyali, Kelian Kelompok, Kelian Desa adat, Sekehe tinggi duwur, jro mangku dan jro kubayan desa menyali.

Acara selesai pada pukul 13.00 wita.

 

 

Komentar atas Upacara Melaspas Di Gedung TPS 3R Menyali Resik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar