Jadwal Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Desa Menyali Tahun 2024

Ni Kadek Nitasari 26 Juli 2024 11:21:18 WITA

(Jumat, 26 Juli 2024). Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Desa Menyali Tahun 2024.

Tahap I tgl 25 juli 2024 bertempat di SD N 3 Menyali untuk murid jumlah 24 siswa dan Balai Banjar Campurasa banjar dinas kawanan untuk bayi/balita jumlah 34 balita.

Tahap 2 tgl 26 juli 2024 di aula desa menyali untuk bayi/balita jumlah 171 balita, SD N 1 Menyali untuk murid jumlah 25 siswa dan TK 36 siswa, Pustu Menyali untuk bayi/balita jumlah 124 balita, SD N 1 Menyali untuk murid 30 siswa.

Pemberian 2 tetes vaksin Polio Serentak dilaksanakan oleh tim medis, bidan dan tenaga kesehatan Puskesmas sawan II. Selain di puskesmas, tempat pelaksanaan vaksin Polio juga berlangsung di posyandu, PAUD, TK, SD. Vaksinasi polio ini diberikan secara gratis untuk anak berusia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari.

Virus Polio adalah virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus ini terdiri dari 3 strain yaitu strain-1 (Brunhilde), strain-2 (Lansig), dan strain-3 (Leon), termasuk family Picornaviridae. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Virus polio yang ditemukan dapat berupa virus polio vaksin/sabin, Virus polio liar/WPV (Wild Poliovirus) dan VDPV (Vaccine Derived Poliovirus). VDVP merupakan virus polio vaksin/sabin yang mengalami mutasi dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. 

Komentar atas Jadwal Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Desa Menyali Tahun 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar