Sembahyang Bersama Dalam Rangka Tumpek Landep

Pemdes Menyali 03 Juni 2023 12:21:13 WITA

(Sabtu, 03 Juni 2023). Hari Suci Tumpek landep dilakukan di Kantor Perbekel Menyali dan di TPS 3R Menyali Resik bersama Perbekel Menyali besama Perangkat Desa. Kegiatan perayaan upacara tumpek landep diawali dengan persembahyangan bersama dipimpin oleh Jro Kubayan dimulai pada pukul 10.00 wita.

Bertepatan dengan saniscara kliwon wuku landep umat hindu merayakan hari tumpek landep yang dirayakan  setiap enam bulan sekali. Pada hari tersebut umat hindu melakukan upacara penyucian barang-barang yang terbuat dari besi, seperti keris, senjata, mobil atau barang lainnya yang terbuat dari logam besi.

Tumpek landep berasal dari kata tumpek dan landep. Tumpek berarti tampek atau dekat dan landep yang berarti tajam, Tumpek landep merupakan hari raya pemujaan kepada sang hyang siwa pasupati sebagai dewanya taksu, perilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai - nilai agama. Dengan pikiran suci, umat mampu memilah dan memilih mana baik dan mana buruk. Upacara selesai pada pukul 12.00 wita.

Komentar atas Sembahyang Bersama Dalam Rangka Tumpek Landep

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar