Piodalan Purnama Kapat di Kantor Perbekel Menyali

Pemdes Menyali 03 Oktober 2020 12:39:45 WITA

Menyali, (01/10/2020). Purnama sasih kapat dianggap sebagai hari terbaik melaksanakan upacara Dewa Yadnya di Bali. Meski hari-hari dan sasih-sasih lainnya juga baik. Diyakini, selama satu bulan penuh, vibrasi dari dewasa baik ini, yang ditandai bunga-bunga mulai mekar, masih pada siklus kartika massa. Momen ini di Bali disambut sebagai hari penuh berkah dan kesucian. “Keberadaan bulan kebetulan persis berada pada posisi garis lurus di atas katulistiwa. Jadi pada momen fenomena alam seperti itu, bulan bersinar penuh. Secara filosofis sangat baik untuk melaksanakan upacara Dewa Yadnya.

Suasanya ini ditandai mulai muncul gerimis atau istilahnya riris, selain itu bunga-bunga mulai mekar, semerbak mewangi, berselimut kabut setelah masa kemarau panjang berlalu. Agama Hindu merupakan agama bhakti. Dalam mewujudkan bhakti pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita tidak pernah terlepas dari bunga. Sebab bunga merupakan simbol kesucian. Karena itulah, di saat bunga-bunga bermekaran, hari menjadi spesial untuk menggelar ritual keagamaan. 

Secara astronomi, posisi matahari pada purnama kapat ini berada dititik garis katulistiwa. “Dan saat ini ketika matahari bersinar terik, panasnya lebih dari biasanya dan posisi bayangan kita berada persis dibawah kaki,” katanya. Dan kegiatan upacara atau bhakti yang kita lakukan di Purnama Kapat ini, pahala yang akan kita tuai akanlah sangat maksimal. Sebab matahari tepat berada di garis khatulistiwa atau yang disebut dengan Wiswayana. Apapun kegiatan ritual atau dana punia yang akan dilakukan, itu selalu mendapatkan limpahan karunia kelipatan yang berlimpah daripada hari-hari ketika kita melakukan yadnya tidak di musim kapat.
 
Di hari yang suci ini, Pemdes Menyali juga melaksanakan piodalan ageng dengan banten suci yang menggunakan Babi guling. Upacara piodalan ini di puput oleh Jro Kubayan Porda yang di mulai pukul 09.00 wita dan berakhir sekitar pukul 11.00 wita.

Komentar atas Piodalan Purnama Kapat di Kantor Perbekel Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

AMBULANCE DESA

SILAHKAN HUBUNGI 081997726261 (I Gede Atita)

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar