Tiga Hari Pelatihan, Operator Desa Diharapkan Mengoptimalkan Website Dalam Penanggulangan Kemiskinan

i Made Sukmadiana 05 Juli 2019 10:40:38 WITA

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Yayasan Maha Boga Marga dan Kominfosandi kembali mengadakan pelatihan untuk para Operator Desa mengenai pengoptimalan website desa dalam penanggulangan Kemiskinan dengan berbasis informasi secara  online.

Pelatihan ini telah dimulai sejak hari Rabu (03/07) sampai hari ini Jumat (05/07) dengan melibatkan 50 Desa yang termasuk Desa kantor kemiskinan dan desa dengan partisipasi aktif di website. Acara dibuka secara langsung oleh Kadis DPMD, I Made Subur SH. Dalam pembukaan beliau mengharapkan nantinya SID bukan hanya berisikan berita dan artikel saja, tetapi SID juga bisa menjadi sumber data untuk segala informasi terkait kependudukan. Terkait dengan dana desa, I Made Subur S juga mengharapkan penggunaaany tidak hanya di pembangunan semata tapi juga bisa dimanfaatkan terkait dengan penanggulangan kemiskinan.

Adapun materi utama yang diangkat dalam pelatihan ini adalah pengisian data kependudukan dan juga mengelompokan mereka sesuai dengan data yang dibutuhkan sehingga website ini bisa menjadi informasi satu pintu dalam Pemerintahan Desa dan selain itu Operator juga diharpkan melengkapi semua fitur menu yang ada di website tersebut.

Terkait dengan penggunaan SID ini, banyak operator juga mengungkapkan ada beberapa permasalahan yang dihadapi seperti jaringan internet dan keterbatasan SDM dalam pengoprasiannya. Kedepannya, operator juga mengharapkan adanya pelatihan khusus untuk jurnalistik sehingga artikel yang dimuat lebih berkualitas.

Komentar atas Tiga Hari Pelatihan, Operator Desa Diharapkan Mengoptimalkan Website Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar