Evaluasi Kelompok Toga oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali

i Made Sukmadiana 23 Oktober 2018 10:22:01 WITA

Senen (22/10) Kelompok Toga Desa Menyali mendapatkan kunjungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng terkait evaluasi Toga (Tanaman Obat Keluarga). Kegiatan ini dipusatkan di salah satu rumah Kader Toga Desa Menyali Ny. Murtidarsih Suanda. Dalam kegiatan ini di pamerkan beberapa produk hasil pengolahan Toga yang berupa berbagai macam Loloh/jamu, lulur, bedak, hasil olahan kue, minyak urut, minyak penenang (aromaterapi). Kelompok Toga Desa Menyali telah mendapatkan Juara 2 sekabupaten Buleleng dalam rangka lomba Desa Terpadu tahun 2018.

Ada berbagai macam jenis tanaman obat yang ditanam yaitu, Kayu Manis, Lidah Buaya, Samiroto, Kunyit, Belimbing, Jambu biji, Sembung, Kumis kucing dan masih masih banyak lagi. Menurut ketua kelompok Toga Ni Luh Sekarnadi, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penanaman Toga ini, yang paling utama adalah masalah keterbatasan air selama musim kemarau sehingga banyak tanaman yang menjadi kering dan mati. 

Dalam kesempatan ini, Kabid Dinas Kesehatan Provinsi Bali menharapkan supaya kegiatan ini bisa dicontoh oleh semua masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai penjaga kesehatan keluarga dan tidak selalu tergantung dengan pengobatan medis.

Komentar atas Evaluasi Kelompok Toga oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar