Sembahyang Bersama Dalam Rangka Tumpek Uye (Kandang)

i Made Sukmadiana 29 Agustus 2022 08:37:39 WITA

 

 

Sabtu, 27 Agustus 2022. Pemerintah Desa Menyali melaksanakan Perayaan Tumpek Uye secara skala dan niskala. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Menyali bersama Perangkat Desa.

Tumpek Uye atau Tumpek Kandang dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari) atau sesuai dengan penanggalan kalender bali jatuh pada setiap hari Sabtu Kliwon Wuku Uye. Makna dari upacara Tumpek Uye ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada binatang karena dapat membantu dalam kehidupan manusia. Dimana dalam tradisi masyarakat Hindu Bali pada hari tersebut dilakukan pemujaan keagungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa melalui pemeliharaan atau pemuliaan atas ciptaan Beliau berupa binatang ternak atau peliharaan.

Melalui Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru. 

Kegiatan secara skala dengan melaksanakan kegiatan gotong royong disekitar lingkungan Kantor dan Pura Paninjoan, Secara niskala dilaksanakan dengan persembahyangan bersama di Padmasana Kantor Desa Menyali.

 

Komentar atas Sembahyang Bersama Dalam Rangka Tumpek Uye (Kandang)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar