Kegiatan Pemberian Obat Cacing Kepada Murid SD N 1&2 Desa Menyali

i Made Sukmadiana 10 Agustus 2022 10:54:07 WITA

Rabu, 10 Agustus 2022. Puskesmas Sawan 2 mengadakan kegiatan Bias dan Pemberian obat cacing di SD Negeri 1&2 Desa Menyali. Dimulai pada pukul 09.00 wita.

Pemberian obat cacing merupakan salah satu program pemerintah yang wajib diberikan kepada anak, pemberian obat cacing ini dilaksankan di SD Negeri 1&2 Desa Menyali.

Obat cacing bernama albendazole ini berikan dengan tujuan:

1. Dapat mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyeraa nutris dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti defisiensi zat besi, anak kurang gizi, bahkan tumbuh kembang anak menjadi lambat bahkan terlambat.

2. Mengurangi Stunting pada anak

Kondisi stunting ini merupakan hal yang lagi perlu jadi perhatian kita yang ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.

3. Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing

Sedangkan obat cacing Diethyl Carbamazine Citrat atau yang lebih dikenal dengan DEC ini diberikan pada anak usia 2 tahun keatas dengan tujuan mencegah dan membasmi penyakit kaki gajah (Eliminasi Filiaris).

 

Penyakit cacingan jadi salah satu hal paling ditakutkan orang tua terjadi pada anak-anaknya. Cacing yang tumbuh dalam tubuh anak bisa menyerap nutrisidan membuat anak jadi lemas, pertumbuhannya tak berjalan baik dan berdampak negatif pada konsentrasi serta prestasinya di sekolah.

Gejala infeksi cacing bisa ringan hingga berat. Pada infeksi cacing ringan, gejalanya cenderung tidak tampak. Gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar.

Selain itu dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi, serta gangguan tumbuh kembang.

Kegiatan selesai pada pukul 11.30 wita.

 

Komentar atas Kegiatan Pemberian Obat Cacing Kepada Murid SD N 1&2 Desa Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar