Penyemprotan Disinfektan Cegah Penularan PMK

i Made Sukmadiana 22 Juli 2022 10:12:50 WITA

 

 

Hari ini, Jumat 22 Juli 2022 mulai pukul 09.30 Wita Pemerintah Desa Menyali bekerjasama dengan dengan Balai Pelatihan Pertanian Kecamatan Sawan mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan untuk mecegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sedang menyebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Menyali. Adapun beberapara titik lokasi penyemprotan adalah di kandang beberapa warga yang berlokasi di Banjar dinas Kanginan dan juga di Kandang ternak yang dikelola oleh Simantri Desa Menyali.

Dikutip dari Buku Panduan Kesiagaan Darurat Veteriner indonesia terbitan Kementerian Pertanian (Kementan), Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah (cloven-hoofed).

Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel/lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku.

PMK dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar akibat menurunnya produksi dan menjadi hambatan dalam perdagangan hewan dan produknya.

Nama lain penyakit ini antara lain aphthae epizootica (AE), aphthous fever, foot and mouth disease (FMD).

Hewan yang peka atau mudah terjangkit PMK adalah hewan berkuku genap atau belah, yaitu jenis ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba, rusa), babi, unta dan beberapa jenis hewan liar seperti bison, antelope, menjangan, jerapah, dan gajah.

Melalui kegiatan penyemprotan ini, diharapkan bisa mencegah dan sekaaligus memutus rantai penularan penyakit ini. Kegiatan ini selesai pukul 11.30 Wita.




 

Komentar atas Penyemprotan Disinfektan Cegah Penularan PMK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar