Kegiatan Pembentukan Pos UKK Untuk Pengrajin Bokor Di Desa Menyali

i Made Sukmadiana 20 Juli 2022 11:59:35 WITA

Rabu, 20 Juli 2022. Puskesmas sawan 2 bersama pemerintah desa menyali mengadakan kegiatan Pembentukan Pos UKK Untuk Pengrajin Bokor bertempat di ruang rapat kantor perbekel desa menyali. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 wita.

Sosialisasi dan Pembentukan Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) tidak bisa dipandang sebelah mata. Bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal, utamanya adalah sebagai tindakan preventif melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja. Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk kelompok pekerja informal di masyarakat.

Pos UKK dibentuk harus berasal dari keinginan masyarakat pekerja sendiri, dari jenis pekerjaan yang sama dan memiliki anggota 1 Pos UKK sebanyak 10 sampai 50 orang pekerja. Kegiatan Pos UKK dilaksanakan oleh kader Pos UKK dibantu petugas Puskesmas secara berkala meliputi kegiatan :

  1. Promotif : PHBS, Penyuluhan, Konsultasi kesehatan pekerja, sarasehan dan pencatatan serta pelaporan,
  2. Preventif : Mendata jenis pekerjaan, pengenalan risiko bahaya, mendorong perbaikan lingkungan, membantu pelaksanaan pemeriksaan dan contoh APD
  3. Kuratif : P3K, P3P, pencatatan dan pelaporan.

Keberhasilan mewujudkan pekerja sehat mandiri ditentukan antara lain oleh keberhasilan melakukan pemberdayaan masyarakat, pekerja, dan dunia usaha, ditentukan pula oleh keberhasilan melaksanakan kemitraan. Untuk terwujudnya pekerja yang sehat mandiri, setiap petugas kesehatan harus mampu memberdayakan pekerja serta menggalang kemitraan.

Kegiatan selesai pada pukul 11.00 wita.

Komentar atas Kegiatan Pembentukan Pos UKK Untuk Pengrajin Bokor Di Desa Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar