Pemeriksaan PTM, THT Dan IVA di Puskesmas I Desa Menyali

i Made Sukmadiana 15 Juni 2022 11:18:25 WITA

(Rabu, 15 Juni 2022). Kegiatan Pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular), THT (Telinga,Hidung,Tenggorokan), dan IVA (Kangker Leher Rahim) Di Pustu Desa Menyali Dari Petugas Puskesmas Sawan 1&2, kegiatan dimulai pada pukul 08.30 wita.

1. Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis). Pada perjalanan awal, PTM sering tidak bergejala, banyak yang tidak mengetahui dan menyadari jika mengidap PTM dan berbagai data kesehatan menunjukkan bahwa kesakitan atau kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginnjal dan lainnya) sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.

2. Pemeriksaan telinga, hidung, tenggorokan adalah jenis pemeriksaan lengkap meliputi pemeriksaan wajah, telinga, hidung, tenggorokan, dan leher. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengecek gangguan pendengaran melalui tes tekanan untuk memeriksa gendang telinga dan cairan di dalamnya dengan menggunakan alat bernama otoskopi pneumatik atau timpanometri. Beberapa penyakit yang biasa ditangani doktr THT adalah penyakit infeksi telinga, alergi, sinusitis, tonsilitis, gangguan sulit menelan, sleep apnea.

3. Inspeksi Visual   Asam Asetat ( IVA ) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69 % dan spesifitas sekitar 64-98 %. Sedangkan nilai prediksi positif dan nilai prediksi negative masing-masing antara 10-20 % DAN 92-97 %. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat serta dapat dilaksanakan selain dokter ginekologi. Tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.

Kegiatan selesai pada pukul 13.00 wita.

 

 

Komentar atas Pemeriksaan PTM, THT Dan IVA di Puskesmas I Desa Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar