Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Laksadana Menyali

i Made Sukmadiana 01 April 2022 12:03:54 WITA

(Jumat, 01 April 2022). Pelatihan pengelolaan Bumdes Laksa dana Desa Menyali bertempat di ruang rapat kantor perbekel menyali. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 wita. Dalam Pelatihan ini dihadiri oleh Narasumber Wayan wetini, Ketut Budasandi, Made Ganda Kusuma dan Ketua BPD beserta anggota, Bumdesa, Perangkat Desa.

BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Pentingnya PP 11/12/2021 tentang  Bumdesa

  1. Meneguhkan posisi BUM Desa atau BUM Desa bersama sebagai badan hokum yang dapat dapat bertindak dalam menjalankan kegiatan ekonomi di desa, sekaligus menjadi individu kelembagaan potensi, produksi, dan sisi keekonomian lainnya di desa.
  2. Memberikan norma-norma umum apabila pemerintan dan lembaga lainnya dalam hal melakukan kerja sama, investasi maupun pemberdayaan kepada BUM Desa atau BUM Desa bersama yang ada di Indonesia.
  3. Menggariskan norma umum apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan oleh organisasi BUM Desa atau BUM Desa bersama yang ada di Indonesia.
  4. Menformulasikan integrasi keberlanjutan dari setiap program-program pemerintahan yang dijalnkan untuk mengmbangkan ekonomi di desa, melalui lembaga bernama BUM Desa atau BUM Desa bersama.
  5. Memberikan mandat agar pemerintahan memperhatikan eksistensi dua lembaga tersebut melalui intervensi program-program pembinaan dan pengembangan BUM Desa atau BUM Desa,apakah itu sisi permodalan ataupun peningkatan kualitas pengelola.

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Laksadana Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar