Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Buleleng Luncurkan Program Si Melik di Menyali

i Made Sukmadiana 11 November 2020 15:47:11 WITA

Menyali (11/11). Siap Melayani Identitas Kependudukan dan Catatan Sipil (Si Melik) merupakan program inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng yang diluncurkan sejak 21 Januari 2019. Hari ini, Si Melik akhirnya datang ke Menyali untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat.

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00Wita dan berkahir pada pukul 14.00 Wita. Dalam kegiatan ini banyak masyarakat mengajukan pembuatan (KIA) Kartu Identitas anak yang sekarang ini merupakan pesyaratan utama untuk melamar sekolah disamping Akta Kelahiran dan juga Kartu keluarga. Kegiatan ini telah diinformasikan sebulan sebelum kegiatan ini dilaksanakan dan mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat. Pada hari ini, Si Melik tidak menerima masyarakat secara langsung dikarenakan. semua berkas pengajuan telah diverivikasi sebelumnya oleh Perangkat Desa.

Selain pembuatan KIA, Si Melik juga melayani pembuatan KK, Akta dan juga KTP baik penerbitan baru dan juga penerbitan ulang KTP yang rusak.

Sementara itu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tanggal 29 Januari 2016,  disebutkan bahwa KTP elektronik untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf (c) Undang Undang No.24 tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP elektronik yang sudah diterbitkan sebelum UU dimaksud, ditetapkan berlaku seumur hidup dengan demikian KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 juga dinyatakan berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walau telah habis masa berlakunya.

Komentar atas Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Buleleng Luncurkan Program Si Melik di Menyali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar