Janger Menyali dilombakan , Total hadiah Mencapai Rp. 64.5 Juta

Pemdes Menyali 23 April 2019 08:33:36 WITA

Suatu kebanggaan bagi Desa Menyali. Dalam rangka HUT Kota Singaraja ke 415, Pemkab Buleleng mengadakan Lomba Janger Menyali di Ajang Pekan Apresiasi Seni (PAS) dan Malam Hiburan Rakyat Lapangan Bhuana Patra Singaraja. Lomba yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk upaya kesinambungan dalam proses penggalian, pelestarian dan pembangunan seni sebagai bagian dari pembangunan budaya daerah serta sebagai media pendidikan seni budaya. 

Menurut Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dipilihnya Janger Desa Menyali dikarenakan tarian Janger Menyali ini memiliki ciri khas seperti pakem  yang identik dengan gaya menyali, tarian ini juga berkembang di masyarakat sekitar tahun 1938 sebelum kemerdekaan. Untuk itu, lomba Tari Janger Menyali ini dilombakan agar dapat melestarikan kesenian budaya leluhur serta dapat dibangkitkan lagi di masyarakat terutama generasi muda. ”Tarian Janger ini memang memiliki gaya tersendiri seperti yang kita lihat pakaian dan tata rias yang khas serta lagunya juga khas perjuangan,” ucapnya.

Kedepan, Bupati Suradnyana berharap perlombaan Tari Janger Menyali ini dapat melibatkan peserta tingkat SMA/SMK karena tarian ini lebih atraktif serta tarian ini identik dengan pergaulan dewasa.

Secara kostum, Janger Menyali memiliki ciri khas tersendiri, bila dibandingkan dengan kesenian janger yang biasanya mengenakan pakaian adat Bali. Namun khusus Janger Menyali, para para Kecak atau Jipak sebutan untuk penari laki Janger Menyali menggunakan kostum mirip tentara dan lengkap dengan baretnya. Sementara para penari wanita, yang disebut Janger pada Janger Menyali disebut Parik, tampil dengan dandanan para penari yang amat cantik.

Kepala Disdikpora Buleleng, Ir Gde Darmaja, M.Si dalam laporannya menyebutkan, sebanyak 8 sekaa Janger mengikuti lomba ini  tingkat SMP se Kabupaten Buleleng. “Total hadiah yang diperebutkan  sekitar Rp 64,5 juta. Rinciannya Juara I, Rp. 12 juta, Juara II, Rp. 11,5 juta,  Juara III, Rp. 11 juta, Harapan I, Rp. 10,5 juta, Harapan II, Rp. 10 juta, Harapan III, Rp. 9,5 juta,” ujar Dharmaja, Minggu malam.

Komentar atas Janger Menyali dilombakan , Total hadiah Mencapai Rp. 64.5 Juta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sukai Kami

Kalender Bali

Lokasi Menyali

tampilkan dalam peta lebih besar